Trik Mudah Membuat & Mengisi Blog di word press.com

Semula saya bingung bagaimana caranya membuat blog dan menuangkan segala kreativitas di situ. Lalu saya tanya teman apakah ada yang punya blog, jawabannya tak ada. Lalu saya Tanya ponakan saya di Bandung melalui sms, dia berikan nama blog wp-nya. Saya coba buka blog wp-nya, lalu saya coba daftar di sign up. Kemudian bingung, ‘mau diapa-in ini blog. Gimana ngisinya ?’. 4 hari ngutak-ngatik (habis, hobby utak atik, sih), jalan-jalan di blog, mengeksplor, kmd saya dapat….ternyata sangat mudah dan singkat sekali.

Tau tidak, apa selanjutnya yang saya lakukan ? Ponakan saya yang Sekolah Dasar- saya kasi trik termudah dan tercepat ini- hanya dengan waktu ‘5 menit saja!’, telah memiliki blog di wpnya dan langsung mengisi blognya dengan puisi-puisi yang uda lama dipendamnya. Kemudian dia pamer ke teman-teman SD nya ….:)) …. dan dia pun dapat decak kagum….ck..ck..ck….seperti itu ….

Saya dan ponakan sering mojok di Perpustakaan Daerah….ya… itu tuh….internetan gratis with wifi….he he he….masyarakat harus mempergunakan fasilitas yang diberikan pemerintah …. ya….Cuma jangan sering-sering macet dong signalnya….lama downloadnya….

Eh ngobrol terus nih….kelupaaan apa yang mau dibicarakan. Itu tuh…Mau tau gimana trik mudah buat dan isi blog di word press ? Nih….nih…, baca dengan senyum yaa…. Soalnya senyum itu kan sedekah…. (he he… biar diketawain orang yang ngeliat, dikira orang gila senyum-senyum ‘ndiri….).

I. Cara Mendaftar Blog

  1. Buka telusur Google, ketik : word.press.com (eh, ud jelas tau ini, ya ? he he he, sengaja )
  2. Klik :’Silahkan Nge-Blog disini, Gratis!
  3. Klik : ‘Daftarkan Diri’ atau ‘Sign Up’ (lihat : kanan atas)
  4. Pada kotak Blog Address, ketik : ‘nama blog anda’. Contoh : roswitahrp
  5. Pada kotak Nama Pengguna (User), ketik : ‘nama anda’. Contoh : roswita
  6. Pada kotak Kata Sandi, ketik : ‘password anda’. Contoh : 1234acca
  7. Pada kotak Konfirmasi, ketik : ‘password anda seperti di atas’. Contoh : 1234acca
  8. Pada kotak Alamat Sur-el, ketik : ‘email anda’. Contoh : acca@yahoo.com
  9. Kemudian klik kotak ‘Sign Up’ (Oke, anda sudah terdaftar.Lihat juga surat masuk ke email anda dari word.press.com).

II. Cara Mengisi Blog :

  1. Buka telusur Google, ketik : word.press.com (eh, ud jelas tau ini, ya ? he he he, sengaja. lagi….lagi….)
  2. Klik :’Silahkan Nge-Blog disini, Gratis!
  3. Pada kotak kiri atas ‘Nama Pengguna”, ketik :’nama pengguna anda’. Contoh : roswitahrp
  4. Pada kotak kiri atas ‘Kata Sandi”, ketik :’password anda’. Contoh : 1234acca
  5. Kemudian klik kotak ‘Masuk Log’
  6. Pada layar pertama-kiri tengah- ada ucapan selamat datang. Klik blog anda: ’roswitahrp’
  7. Anda sudah berada di blog anda :’Dasbor anda’.
  8. Klik ‘Pengguna’ (kiri bawah), klik ‘Pengaturan Pribadi’, kemudian isilah apa yang mau di isi pada kotak-kotak isian. Tapi disini yang ingin saya sampaikan adalah anda memilih ‘Bahasa Antar Muka’: kliklah Bahasa Indonesia agar anda mudah memahami blog anda selanjutnya.
  9. Selanjutnya anda boleh saja meng-klik ‘My Profile’ dan mengisi kotak-kotak isiannya.dst.
  10. Kemudian klik ‘Tampilan’, lanjutkan klik ‘Kepala Halaman’; ini bila anda ingin mengganti gambar depan ‘Kepala Halaman’ blog anda dengan gambar yang anda suka. yaitu dengan meng-Upload Image dari browse mana yang anda ambil. Anda akan dituntun dengan besar ukuran gambarnya dengan crop yang ditentukan. Atau pilih Default Image yang tersdia.
  11. Begitu juga dengan hiasan ‘Latar Belakang’ blog anda; kilik ‘Tampilan’, klik ‘Latar Belakang’, sama seperti poin no.10. Wah, pasti cantik tampilan blog anda….seperti yang saya punya….ada taman bunganya….hi hi….
  12. Setelah tampilan blog anda indah, sekarang anda anda siap untuk mengisi tulisan anda. Klik ‘Tulisan’. Buatlah judul tulisan pada kotak pertama dibawah ‘Add New Post’. Kemudian ketik tulisan anda pada kotak lebih besar dibawahnya dengan menggunakan segala fasilitas Font dan Formatnya. oh ya, tulisan anda bisa anda copy dari file word anda sendiri dengan mem-pastenya di kotak tulisan. juga bisa anda ambil dari situs apa yang anda suka dengan menyertakan siapa penulisnya dan dari tajuk/situs mana. Kemudian klik ‘terbitkan’ (di sebelah kanan). Nah tulisan pertama anda telah terbit di blog anda. anda bisa melihatnya dengan meng-klik ‘lihat tulisan’ (di tengah atas)
  13. Selanjutnya, semakin berkembang dan semakin penuhnya blog anda dengan menambah halaman-halaman baru apa saja yang anda suka untuk spesifikasi tulisan anda. Caranya dengan mengklik ‘Halaman”, ketiklah judul-judal halaman yang anda suka, untuk kemudian mengisinya dengan tulisan-tulisan anda dengan tema-tema tertentu, seperti : Cerpen, Artikel, dll. Catatan : Home/Beranda itu halaman yang tulisan anda tertampung semua di situ, bila anda tidak menambah halaman baru sesuai tema anda.
  14. Nah, sekarang anda telah memiliki blog yang indah dan terisi penuh. Selanjutnya rajin-rajinlah membuka blog-blog lain agar semakin berkembang pengetahuan anda, dan itu bisa jadi lebih baik dari yang saya sampaikan ini. Oce ? Yap! Selamat mencoba ! salaam ….

ooOoo

Iklan

2 Komentar (+add yours?)

  1. akbar hasibuan
    Jan 23, 2011 @ 09:01:25

    alhamdulillah. terimakasih ya buu…infonya…

    Balas

    • roswitahrp
      Jan 23, 2011 @ 09:11:24

      sama-sama. kita jadikan ajang maya nan mengglobal ini sbg wadah yg dpt meningkatkan n mengembangkn wawasan keilmuan, akhlak baik, kompetisi kreatif, n menjadikan diri kita insan terbaik di dunia n akhirat….

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: